Rabu, 28 Mei 2014

[Mini Gobar] Gunung Endut - Padurungan

Genjot Pajak Goes to Lebak,  Banten.

Tanggal 17 Mei lalu,  rombongan kecil gepe-ers berangkat dari pinggiran Bintaro menuju Cipanas, Lebak Banten. mulanya gowes ini digelar oleh Suhu Boni untuk menjamu para suhu GP dari sebaran pulau di Indonesia.  ada Suhu Yoen dari Batam,  Suhu Gats dari Balikpapan,  dan Suhu eNdro dari Sorong.

sebagai EO,  Om Boni sudah mempersiapkan Trek caimik yang diolah dengan EDGE andalannya.  Gambaran awal peta diperoleh dari Om Eko MTBXC Cordoba,  plus sedikit modifikasi sepanjang 5KM.  trek aslinya berjarak 20KM melewati 3 bukit dan memakan waktu tempuh sekitar 5 jam.

merangkap pegawai marketing,  trek dagangan om Boni sudah diposting di berbagai media sosial, facebook,  gtalk,  whatsapp,  telegram,  telpon dll.,  padahal anggotanya ya itu-itu juga [:ngakak].  Namun sayang,  pasar sedang lesu. Penawaran dan permintaan hanya bertemu pada 5 peserta sajo.  entah karena dagangannya terlalu sadis dengan gambar elevasi tanjakan yang mancung bingits,  atau sepi peminat karena melihat kemampuan dengkul?  Tapi keknya lebih ke masalah waktu saja sih, Wong GP-ers sadis-sadis genjotnya.

Singkat cerita, ternyta ketika hari H, yang berangkat tinggal bertiga.  Suhu Ndro dan Suhu Gats ga jadi berangkat karena satu dan lain hal.  Nyaris saja rombongan ini ga jadi pergi lantaran gak pede mau jelajah trek baru tapi gak ngajak Suhu-nya.  siapa yang bimbing coba ntar?

Tapi tekad sudah kuat, pantang surut layar yang terkembang. lagi pula nama sohor suhu kompor bisa tercemar kalo sampe ga jadi berangkat. Wis,  akhirnya bismillah berangkatlah.  Suhu boni jadi RC merangkap supir AKAP,  Suhu Yoen gendong konsumsi,  dan saya sebagai cantrik sekaligus sweeper.

Perjalanan dari Bintaro ke Lebak memakan waktu kurang lebih 2 - 3  jam via Jasinga-Bogor. Sebagai titik start dipilih sebuah lokasi pemandian air panas.  Halaman parkirnya memang tidak terlalu luas,  tapi karena kita datang pagi-pagi kita masih bebas memilih spot parkir dan unloading sepeda disana.  FYI,  pemandian air panas disana buka 24jam, jadi seandainya waktu gowes di gunung molor karena kebanyakan duduk dan dorong,  air panas ini tetap setia menanti anda.  

Spot wisata air panas alam.
Ritual dimulai.. *streching, *berdoa sebelum mulai perjalanan bersepeda.

Spot Parkir dan unloading sepeda.
Epic Jurney begin..

Suhu Boni langsung nyruntul mimpin jalan,  dia gak tau rombongannya belum siap.  sambil misuh-misuh saya dan suhu Yoen protes.  untungnya Om yoen pegang GPS juga (perdana pulak tuh). mulai regrup di belokan kiri pertama.

Etape pertama didominasi oleh jalan aspal rata terawat.  melewati pemukiman ramai dipinggiran lereng. jalanan landai mendaki. etape pertama ini merupakan perbukitan,  karena meskipun berupa tanjakan tetep belum pantes disebut gunung.  kenapa? soalnya saya masih bisa haha hihi sambil foto-foto dari atas sepeda.  [belagu]

Tanjakan level 0
dari bukit pertama ini sudah kelihatan,  jalur-jalur yang akan di lewati.  yakin menantang,  tapi kita percaya view pasti makin ciamik.  (orang dah dapet bocoran foto dari grup sebelah og). Habis nanjak,  langsung dihadiahi turunan Finish di jembatan yang lumayan panjang (tapi sebentar) #yaeaalah.

lokasi tersebut dekat dengan objek wisata rafting Ciberang.  tapi kita numpang foto saja ya..  perjalanan masih jauh soalnya.

Jurus Bangau Kembar .. 

etape kedua,  langsung nanjak lagi. kali ini tanjakan aspal udah mancung bener.. nyaris ttb.  untung gps nyuruh belok kanan masuk ke pemukimam penduduk.  jalur paving blok sempit kiri rumah kanan atap rumah. ((punten teeehhh)). Jalan ini bersambung ke trek gunung padurung. ditandai dengan habisnya aspal ketemu dengan makadam lepas bercampur kerikil.



Dari perkampungan ini, alam sudah mulai terlihat jarang dilewati manusia, sesekali masih bertemu turunan dan jalanan yang cukup lebar.

Trek off-road turun-naik berkelok.. haseekk

Turunan ngeksis terakhir

 Masuk etape ketiga. Makin keatas, jalanan makin tak bersahabat..

yakin ni, gowesable?

Dorong Terus..
Mak jang.. siapa sih ni yang milih trek kayak begini??! #misuhmisuh
 Udah kelihatan ketinggiannya belum? nggak percaya? cobain sendiri aja ya..



"Semalem habis macul, masuk angin pula.. wajar yah kalo ngap-ngapan?!" #alesyan..
Udah pucet.. masuk angin.. minum dulu ah.. biar pinter..
duduk dan istirahat lagi untuk kesekian kalinya.. *makasi yah suhu dah ditungguin :hug


Nah fren, tanjakan yang full dorong itu (saya sih.. :he) insyaAllah adalah puncak tertingginya. namanya gunung pandurungan. mestinya namanya diganti jadi gunung pedorongan (tukang dorong) #halah. tapi jangan dikira tinggal turun doang yak. Setelah kita wawancara tukang es krim, masih ada beberapa tanjakan lagi untuk sampe ke perkampungan terdekat. (ada tukang es krim coba, di gunung kayak gitu?? siapa yang beli? - ya biker kecapean kek kami-kami ini lah) #nanyasendirijawabsendiri 

Tukang es krim, dagang sambil nyari burung. *sayang suhu ngekek nggak ngikut
udah lah ya, capek bahas derita terus. akhirnya setelah perjuangan yang penuh dengan cucuran keringat dan kesabaran kami nemu WARUNG! Alhamdulillah, men.. makan juga gue men #terharu

Warung ini mesti di tag di foursquare.. satu-satunya, dan baik banget tetehnya.

Jadi ceritanya Suhu Yoen gembol makanan.
+ "bawa makanan apa ni, om?"
- "nasi goreng, cukuplah buat kita bertiga"
+ "luar biasa, masak subuh-subuh tadi, om?"
- "enggak tadi malem"
*watt?? 

dan dibukalah gembolan nasi goreng nya.. *fakkkk #trollface
"om bon, boleh bagi nasinya?" "wkwkwkwkwk..

Akhirnya kita makan nasi plus jambal sayur buatan Bu Mila.. #bahagia
Diwarung cuma mesen Indomie rebus pake telor plus kopi, murah meriah. makannya sambil liat view lembah yang aduhai.. aduh sexynya..#nyanyi. Lumayan balikin mood sama energy. 
Di warung banyak bocah-bocah yang ngerubungin sepeda. mereka takjub lihat Patrol yang ada suspensinya. nah si mpunya patrol mulai melancarkan aksinya. Doi bagi-bagi coklat sama anak-anak di bawah umur, terus mereka terima tanpa curiga gitu aja.. 

emon bagi-bagi cokelat mahal dari Batam. :hihi
Abis tu minta moto bareng pula..
Tuh liat anak yg disampingnya.. *kaboorrr...
Hatur nuhun pisan, teh. kami lanjut perjalanan lagi.. (katanya sih tinggal turun). Etape keempat beneran full turun, melewati perkampungan dan pesawahan terasering. sudah diwanti-wanti oleh penduduk, bahwasanya jalanan akan sangat licin kalau hujan turun. 

Waktu menunjukkan pukul 3 sore, dan akhirnya kami mampir solat di sebuah mesjid. *tetep dikerubungin bocah.

Masjid ini lantainya miring.. kaya wahana di Dufan.
selesai Solat, kabut mulai turun. jarak pandang terbatas. Tak berapa jauh, bertemulah dengan jalur turunan dimaksud, dan.. hujan pun turun sodara-sodara. akhirnya... Nuntun Lagi.. *tanjakan ndorong.. turunan nuntun.. piye iki?? 

(tapi meski tetap bisa ketemu macan. macannya lagi nyuci pula.) 
Into the dark
Abis ketemu macan nyuci.. makanya paling belakang

Saat bertemu lembah, suasana kembali terang, cerah dan indah. sawah membentang dipagari gunung-gunung di kejauhan.


Up! Up! Up!


Si Adek ini klo udah besar jadi macan juga ni..





FINISH!!!
tinggal berendam air panas dech.
Duo Suhu dikelilingi dayang-dayang.. ihhiirrr...

Raja Minyak dari Batam.

Segar..! luar biasa perjalanan dari itu. tapi kalo disuruh ngulang lagi.. mmm.. pikir-pikir dulu deh. yang belum pernah saja silaken.. hahaha.

See You di event selanjutnya

Tetap Sehat! Supaya bisa Tetap Gowes!



5 komentar:

  1. subhanalloh indahnya alam cipanas lebak banten. terimakasih om yoen dan om ridho mau nemenin kegilaan saya... ojo kapok yak, yuks kita gobar lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punten suhu Ada yg punya gpsnya ga yah

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Mas kalo bayar Marshall kena berapa

      Hapus
  2. Cerita yang bagus.... jadi kepengen... Kalo tanpa marshall ngikuti jalur om kira-kira bisa kah?

    BalasHapus